Desain Rumah Ala Jepang

Properti Mewah January 26, 2014
4
Halaman Belakang Rumah Jepang

Halaman Belakang Rumah Jepang

Jepang merupakan salah satu Negara yang kaya kebudayaan, mulai dari bahasa, kepercayaan, kimono atau pakaian adat, upacara, aksesoris, hingga bentuk bangunan rumah yang artistic. Selain rumah Korea dan Eropa, model bangunan Jepang juga dinilai memiliki nilai seni tinggi dan cirri khas yang kental. Bagi anda yang ingin tahu desain rumah ala Jepang lebih lanjut, silahkan simak uraian berikut ini.

            Dari bagian atap tidak banyak berbeda dengan desain atap bangunan tradisional Indonesia khususnya Jawa. Dindingnya berbentuk minimalis menggunakan persegi panjang, tidak seperti bangunan Eropa yang menyukai model lengkung. Sama dengan bangunan rumah Korea, Jepang juga menggunakan kayu dan kertas untuk membuat dinding rumah. Besanya bila Korea menggunakan atap lengkung yang lebih artistic, Jepang justru lebih simple.

            Rumah ala Jepang bias dibilang minim furniture. Semua aktivitas dilakukan di lantai yang tentunya sudah dilapisi karpet agar tidak dingin mengingat suhu udara disana rendah. Mulai dari ruang tamu juga di lantai tanpa kursi, hanya ada bantal kecil untuk alas duduk agar empuk dan hangat. Ruang makan pun juga tanpa kursi, jadi lesehan di bawah. Yang lebih mengesankan lagi, penduduk Jepang tidak memiliki tempat tidur permanen seperti Indonesia. Mereka menggunakan tempat tidur yang dapat dilipat dan disimpan di almari apabila sudah selesai memakainya. Beda sekali dengan budaya kita bukan?

            Rumah Jepang nyaris seperti rumah panggung yang tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Di bagian bawah ada kayu yang berjajar menopang bangunan rumah. Yah, sebagian besar dinding rumah orang Jepang dibuat dari bahan kayu sedangkan atapnya dari tanah liat. Uniknya lagi ruangan pada desain rumah orang jepang cenderung sedikit, tidak banyak seperti desain eropa yang membagi-bagi rumahnya menjadi berbagai ruangan seperti suang tamu, kamar tidur, ruang makan, dapur, toilet, ruang keluarga, ruang kerja, gudang, dan banyak lainnya. Orang jepang hanya membagi ruangan dalam rumah menjadi 3 bagian, yaitu washitshu, Genka, dan washiki. Washitshu merupakan ruang tamu, kamar tidur, dan ruang keluarga yang digunakan bersama. Barang-barang mereka tidak ditaruh di luar seperti orang Indonesia sehingga ruang tamu dan kamar tidur dibuat terpisah. Barang mereka termasuk tempat tidur disimpan di almari kotak besar beserta barang lainnya sehingga bila siang hari bias digunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Selanjutnya ada area pintu masuk, dan terakhir adalah dapur dan toilet.

            Hal yang menarik dari desain rumah Jepang ini adalah area pintu masuk, teras, atau pekarangan. Susunan taman Jepang sangat rapi dan unik, mereka membuat bonsai di taman yang membuat pekarangan menjadi hijau. Tidak hanya itu, untuk menambah hiasan diletakkan bebatuan bersih dan cantik untuk menghiasi taman dan kolam yang biasanya ada di depan rumah. Kebanyakan rumah Jepang tradisional memiliki taman dan kolam renang.

            Bentuk pintu rumah orang Jepang berbeda dengan orang Jawa atau Eropa. Mereka menggunakan pintu yang bias didorong ke kanan/ kiri dan terbuat dari kertas tebal. Ada juga bentuk pintu yang dibuka dua arah seperti yang kerap kali kita lihat di film Jepang. Kertas atau kain pelapis ini bias diganti bila sudah using atau bosan. Nah, untuk menambah arsitektur dibuatlah gambar cantik pada pintu tersebut. Orang jepang menyukai gambar naga dan hewan lain untuk hiasan pintu mereka. masih ingin memiliki rumah dengan desain ala Jepang? Bias saja melihat contoh gambar di internet yang sudha banyak tersaji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Properti Mewah 2014