Kamar Tidur Anak

Properti Mewah January 28, 2014
4
Kamar Tidur Anak Perempuan

Kamar Tidur Anak Perempuan

Pasangan baru biasanya ingin memiliki rumah yang pas untuk keluarga, baik dilihat dari depan maupun interior bagian dalamnya. Salah satu ruangan yang perlu disiapkan ketika membangun rumah adalah kamar anak. Mengapa? Karena kamar anak merupakan ruangan yang unik, berbeda dengan kamar dewasa yang cenderung lebih sederhana. Nah, bagi anda yang masih memiliki anak kecil berikut desain kamar anak yang menarik.

Luas

            Usahakan luas kamar anak bias digunakan untuk aktivitas mereka yang super banyak. Anak-anak akan merasa bosan di kamarnya bila sempit karena tidak leluasa dalam bergerak. Paling tidak, luas ruangan kamar anak dibuat 2 meter persagi.

Warna

            Anak-anak membawa kesan ceria yang bias diaplikasikan dengan beragam warna cerah. Warna ini justru disukai anak-anak yang mudah merasa bosan. Perpaduan warna yang kontras mungkin kurang pas untuk ruang keluarga atau kamar dewasa, namun seringkali justru disukai anak-anak. Misalnya perpaduan antara warna kuning dengan biru, pink dengan orange, atau hijau dengan kuning. Bias saja anda memberikan beberapa warna sekaligus di ruangan anak, misalnya untuk warna cat dinding, lantai, langit-langit dan furniture mereka.

            Apabila anak sudah memahami unsure warna berikan kesempatan mereka untuk memilih warna kamarnya. Anda bias mendiskusikan dengan anak mengenai warna kamar yang mereka inginkan dengan membawa contoh warna yang biasanya ada di toko bangunan. Masalah keramik lantai kamar anak dan warna langit-langitpun dapat didiskusikan dengan anak.

Tempat Tidur Lantai

            Bila buah hati anda superaktif alias banyak bergerak, sebaiknya pilih tempat tidur lantai agar mereka bias bebas bergerak. Tempat tidur lantai juga bias dibersihkan pada siang hari sehingga tidak mengganggu aktivitas mereka di dalam kamar. Seringkali anak-anak suka loncat-loncat di kamar tidur sehingga menggunakan tempat tidur di atas juga membahayakan keselamatannya.

Bedakan Jenis Kelamin

            Desain kamr tidur anak laki-laki dan perempuan tentu berbeda karena pada usia anak-anak mereka mencari jati diri mengenai jenis kelamin. Kamar tidur anak biasanya didominasi warna pink dengan berbagai hiasan dinding seperti pigura lucu untuk foto genik mereka, selambu pada cermin, boneka di ranjang, bahkan sprei bercorak bunga-bunga.

            Kamar tidur laki-laki hendaknya diberi warna yang lebih garang seperti merah, biru, atau coklat. Hal ini mengidentifikasi sifat mereka yang lebih tegas yang pemberani. Dinding kamar laki-laki tidak ditempeli hiasan lucu tapi biasanya poster petinju, lukisan kuda, gambar motor balap, mobil, dan sebagainya. Hiasan pada dinding juga turut memberikan pengajaran siapa diri mereka. perbedaan desain kamar laki-laki dan wanita turut membantu mengurangi kemungkinan penyelewengan sifat seperti banci atau tomboy.

Furnitur

            Furniture pada kamar anak berhubungan erat dengan yang namanya usia. Anak yang masih kecil memerlukan tempat tidur yang dipagari biar tidak jatuh. Barang-barangnyapun hanya mainan. Pada saat anak berusia dibawah 3 tahun kamarnya tidak perlu diberi banyak hiasan, hanya perlu menata mainan mereka agar tidak berantakan. \

            Bila anak sudah berusia 4 tahun ke atas, furniture di kamar tidur anak tentu berbeda. Mereka sudah membutuhkan meja untuk belajar, rak buku, keranjang baju kotor, bahkan papan tulis untuk belajar. Dinding kamar pun dihiasi dengan huruf dan angka serta gambar-gambar yang mendidik. Harapannya semua gambar akan mempermudah proses belajarnya.

            Itulah hal-hal yang harus diperhatikan ketika mendesain kamar tidur anak. Tentu semua bias diselaraskan dengan selera orang tua dan keinginan anak, bila mereka telah dapat diajak berdiskusi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Properti Mewah 2014